Jumat, 17 Desember 2010

tugas 3 SIA

Membuat Data Akuntansi Baru

Setelah kita selesai dengan data akuntansi yang diperlukan. Langkah selanjutnya adalah proses

pembuatan data akuntansi baru perusahaan, dapat dilakukan melalui perintah berikut :

Aktifkan Program MYOB Accounting, selanjutnya akan muncul kotak dialog Welcome To MYOB

Accounting yang berisikan lima tombol, seperti gambar di bawah in

Keterangan :

Open, pilihan ini untuk mengaktifkan salah satu data akuntansi perusahaan yang telah dibuat

sebelumnya. File data akuntansi dalam MYOB berektensi DAT.

Create, pilihan ini untuk membuat sebuah data akuntansi perushaan yang baru.

Explore, pilihan ini jika Anda ingin mengeksplorasi contoh data akuntansi yang disertakan pada

waktu Anda menginstalasi MYOB. Gunakan contoh data akuntansi tersebut untuk mempelajari

MYOB.

What’s New, pilihan ini untuk menampilkan bebagai informasi tentang fitur-fitur terbaru dan

peningkatan dari versi sebelumnya.

Exit, pilihan ini untuk keluar dari program MYOB.

Klik tombol Create new Accounting Data, maka akan tampil kotak dialog MYOB New Company File

Assistant.

Pada pilihan Company Information isikan Nama, Alamat, Telepon, Fax dan E-Mail perusahaan. Lihat

gambar di bawah ini.

Klik Next, pada pilihan Accounting Information, ketik data tahun periode akuntansi pada Current Financial Year (misal, 2008), pada Last Month of Financial Year pilih December, pada Conversion Month pilih January, dan pada Number of Accounting Periods pilih Twelve.

Klik Next, pada pilihan Account List, pilih I Would like to build my own Accounts list once I begin

using MYOB.

Pada pilihan Company File, klik Change untuk menentukan nama file dan alamat penyimpanan data

akuntansi.

Selanjutnya klik Next,

Klik Command Centre, maka akan ditampilkan MYOB Accounting (Command Centre), Perhatikan

gambar di bawah ini

Mata Kuliah : Komputer Akuntansi Dasar

Dosen

: Alpan Rubi Santoso, SE, S.Kom

ARS = 3

Gambar Jendela Command Centre

Keterangan :

Account, adalah komponen utama dari sistem akuntansi perusahan, yang merupakan ringkasan dari

seluruh aktivitas perusahaan tersebut, berfungsi untuk memodifikasi bagan akun, memasukan saldo awal akun-akun, dan proses penjurnalan transaksi umum, seperti biaya-biaya dan pembelian/penjualan barang yang dikapitalisasi.

Banking, untuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-

tagihan dan beban-beban sewa, listrik dan telepon, pemakaian dan pengeluaran kartu kredit, pinjaman dari bank, rekonsiliasi rekening koran bank dengan akun-akun bank, mencetak cek-cek yang Anda bayarkan, dan melakukan pembayaran elektronik.

Sales, untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaran

piutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepada

pelanggan.

Time Billing, dipakai untuk menghitung penjualan.pembelian yang menggunakan perhitungan

persatuan waktu. Misalnya biaya konsultasi manajemen per jam.

Purchases, untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran hutang

kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.

Payroll, dipakai untuk penggajian karyawan menggunakan sistem payroll, bisa dipakai untuk

berbagai macam cara penggajian, seperti jam, harian, mingguan atau bulanan.

Inventory, mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pemeliharaan persediaan barang

dagangan, seperti mencatat, mengubah, menghapus, menetapkan dan menyesuaikan harga, memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan barang dagangan, dan penerbitan laporan yang terkait.

Card File, untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus, dan mengelompokkan

catatan individu, perusahaan, dan lembaga tersebut. Anda dapat mencatat seluruh informasi mengenai pelanggan dan Pemasok Anda, mencatat historis penjualan, menetapkan pajak dan termin pembayaran dari pelanggan dan pemasok, membuat catatan kontak, membuat label surat, dan membuat surat-surat untuk mereka.

D. Menutup Data Akuntansi

Jika Anda sudah selesai menggunakan data akuntansi perusahaan maka untuk menutupnya

dapat dilakukan tahapan sebagai berikut :

Klik menu File, pilih Exit

Jawab No (jika tidak ingin membuat file Backup) atau Yes (jika ingin membuat file Backup).

Pembuatan file Backup dapat dilakukan melalui menu File pilih Backup.

Pada jendela MYOB Company File Backup, pilih Backup Company File Only dan Do not check

Company File for errors. Kemudian klik Continue.

Tentukan posisi drive dan folder penyimpanan serta nama file Backup, kemudian klik Save

Membuka Data Akuntansi

Jika Anda sudah selesai menggunakan data akuntansi perusahaan maka untuk membukanya

dapat dilakukan tahapan sebagai berikut :

Pada tampilan Welcome to MYOB Accounting, klik tombol Open Your Company File, atau pada

tampilan Command Center klik menu File, Open.

Pilih nama file akuntansi yang akan ditampilkan dengan menentukan posisi drive dan folder

penyimpanan data akuntansi tersebut

Selanjutnya klik tombol Open

Pada kotak dialog User ID and Password ketik User ID Anda dan isikan password (jika ada)

selanjutnya klik tombol OK

Dilanjutkan dengan mengklik Enter Leter

Akhiri dengan mengklik tombol OK

Jawab NO, maka data akuntansi perusahaan akan ditampilkan.

Ref

perkiraaan

Debet

kredit

1213133

Kas

10000

1313143

Kas kecil piutang usaha

3462363

BCA

35000

7457474

Perlengkapan

5474574

Sewa dibayar dimuka

4574747

Giro

20000

6575777

Hutang usaha

4636333

Hutang gaji

50000

6346366

Pendapatan jasa

5252223

Beban japerlengkapan

15000

2423452

Biaya sewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar