Jumat, 19 November 2010

DATA BASE

Basis data
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perubahan tertunda ditampilkan di halaman iniBelum Diperiksa
Langsung ke: navigasi, cari

Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.
[sunting] Perangkat lunak basis data

Perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi (high level):

* [[]]
* Microsoft SQL Server
* Oracle
* Sybase
* Interbase
* XBase
* Firebird
* MySQL
* PostgreSQL
* Microsoft Access
* dBase III
* Paradox
* FoxPro
* Visual FoxPro
* Arago
* Force
* Recital
* dbFast
* dbXL
* Quicksilver
* Clipper
* FlagShip
* Harbour
* Visual dBase
* Lotus Smart Suite Approach

Database Proquest dapat diakses melalui alamat http://proquest.umi.com/login/. Proquest ini hanya dapat diakses melalui jaringan intranet Universitas Gadjah Mada. Untuk mengakses dari luar UGM diperlukan user id dan password. Hal ini dikarenakan untuk dapat mengakses database ini, sebuah institusi atau perorangan harus berlangganan dan membayar biaya akses selama 1 tahun.
Proquest saat ini mencakup beberapa database yakni:
1. Academic Research Library untuk Interdisciplinary
2. Proquest Medical Library untuk Medical Sciences
3. News untuk U.S. Nations Newspaper Abstract
4. Proquest Agriculture Journals dan Biology Journals untuk Sciences
5. Proquest Computing dan Telecomunications untuk Technology.
Fitur utama Proquest terbagi menjadi 5 bagian yakni Basic Search, Advanced Search, Topics, Publications, dan My Research.
• Basic Search digunakan untuk pencarian melalui keyword dengan metode sederhana yakni melakukan pengetikan pada form searching yang tersedia.
• Advanced Search digunakan untuk pencarian melalui keyword dengan metode BOOLEAN yang memungkinkan menggunakan beberapa spesifikasi keyword dalam penelusurannya.
• Topics digunakan untuk melakukan penelusuran dengan melalui “term topic” yang mungkin kita ketahui.
• Publications digunakan untuk melalukan penelusuran/pencarian melalui judul/nama jurnal yang kita inginkan.
• My Research digunakan sebagai tempat menyimpan sementara hasil pencarian kita.
Penelusuran Online – Penelusuran Digital – Online Research
LANGKAH-LANGKAH PENELUSURAN MENGGUNAKAN PROQUEST
1. BASIC Search
Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan penelusuran menggunakan fasilitas BASIC Search Proquest:
a. Ketikkan alamat database Proquest pada Browser (Internet Explorer/ Firefox) yakni http://proquest.umi.com/login
b. Akan tampil halaman standard Pencarian Proquest atau yang disebut BASIC Search
c. Ketikkan dalam form penelusuran yang tersedia, keyword (kata kunci) yang akan kita cari misal: Conflict Resolution
Penelusuran Online – Penelusuran Digital – Online Researc6h
d. Pilih Database yang kita inginkan (sesuaikan dengan topic yang kita pilih), atau kita dapat biarkan posisi database pada Multiple Database.
e. Tentukan batasan tanggal/waktu dari artikel yang akan kita cari misal 7 hari terakhir, 1 bulan terakhir, dan seterusnya
f. Pilih batasan hasil artikel/paper yang akan kita cari, apakah fulltext saja atau tidak? Jika iya beri tanda dengan men”centang”nya (mengklik pada kotak box).
g. Setelah itu KLIK pada tombol SEARCH yang tersedia.
h. Tunggu sampai keluar hasil yang berupa daftar artikel pada layar computer kita.
i. Pilih dan beri tanda artikel yang kita pilih, klik pada bagian MY Research apabila ingin melihat hasil pilihan kita atau teruskan pencarian yang lain.
2. ADVANCED Search
Berikut ini adalah pencarian menggunakan ADVANCED Search:
a. Dari menu utama (standard) klik tombol Advanced pada Menu Proquest.
b. Selanjutnya akan tampil halaman Advanced Search dengan beberapa pilihan BOOLEAN.
c. Ketikan beberapa keyword (kata kunci) sesuai yang kita inginkan pada form dan gunakan BOOLEAN yang tersedia. Misal Conflict Resolution, lalu pada baris kedua OR Peace building, lalu AND Mediation.
d. Selanjutnya lakukan langkah yang sama pada langkah (d) sampai dengan (i) BASIC Search
3. TOPICS
Selanjutnya kita dapat juga melakukan pencarian menggunakan kosa kata atau istilah yang biasa digunakan (topic). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Dari menu utama Proquest, klik bagian TOPIC.
b. Selanjutnya akan tampil halaman penelusuran topic.
Penelusuran Online – Penelusuran Digital – Online Researc7h
c. Ketikkan kosa kata, istilah atau topic yang biasa kita temukan, misal SOCIAL CONFLICT, lalu klik Find Term
d. Selanjutnya akan ditampilkan berbagai term (kosa kata / istilah) yang ada kata SOCIAL dan kata CONFLICT
e. Kita dapat mengklik bagian View Document apabila kita ingin melihat artikel dengan topic yang berkaitan dengan TERM yang kita temukan
f. Atau kita dapat mengklik pada bagian NARROW untuk mencari topic lain yang berdekatan atau berkaitan dengan TERM yang kita cari.
g. Selanjutnya dari View document akan tampil daftar artikel, dan kita dapat memilih artikel yang sesuai dengan keinginan kita, dan pilihan kita akan tersimpan dalam My Research.
h. Untuk melihat isi artikel/paper yang telah kita pilih dan telusur kita dapat mengklik pada bagian My Research.
i. Selanjutanya kita dapat langsung mengklik pada bagian Abstract apabila ingin melihat abstract, bagian Fulltext apabila ingin melihat secara keseluruhan artikel, dan sebagainya.
4. PUBLICATIONS
Proses penelusuran menggunakan PUBLICATIONS pada prinsipnya hamper sama dengan TOPIC, hanya yang dicari adalah nama/judul Jurnal/Publikasinya. Kita akan melihat daftar publikasi yang ada dalam database Proquest dan melihat satu persatu isi dari masing-masing publikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar